KULIAH BUKAN UNTUK MENCARI IJAZAH..TAPI, UNTUK BELAJAR

"Seribu Orang Tua Hanya Bisa Bermimpi. Tetapi seorang Pemuda Bisa Mengubah Dunia"

"Saat Kita Punya Sedikit saja rasa peduli akan SEKITAR. Disitu Kita telah Memperbaiki Kualitas Pendidikan Negara Kita"

(bernata manalu)

Senin, 20 April 2015

SEJARAH LAHIRNYA GMKI KOMISARIAT FAKULTAS TEKNIK UNIMED




1.       SEJARAH GMKI FT-UNIMED
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Medan (UNIMED) selanjutnya disebut GMKI FT-UNIMED merupakan salah satu komisariat dibawah koordinasi GMKI Cabang Medan.
GMKI FT-UNIMED sendiri telah ada sebelumnya menurut keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber (senior friends/member dan BPC GMKI Cabang Medan M.B 2011-2013) tetapi seiring dengan berjalannya waktu GMKI FT-UNIMED telah mengalami kondisi stagnan sehingga mengakibatkan GMKI FT-UNIMED di Caretaker pada tahun 2005.
Pada tahun 2012 tepatnya bulan Oktober beberapa anggota GMKI Cabang Medan yang berada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan berkumpul di PKM GMKI Cabang Medan dan berdiskusi terkait pelayanan GMKI di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, kemudian pertemuan tersebut sepakat untuk mebentuk/menghidupkan kembali GMKI Komisariat FT-UNIMED.
Tindak lanjut dari petemuan diatas maka beberapa mahasiswa tersebut yang di koordinatori saudara BENARDO SINAMBELA melakukan diskusi-diskusi dan melengkapi administrasi sesuai dengan amanat konstitusi dimana disebutkan bahwa syarat mendirikan komisariat adalah adanya usulan permohonan pembentukan komisariat dari 15 orang anggota yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (SC pasal 14 ayat 2). Dengan dinamika dan proses panjang maka amanat konstitusi tersebut terpenuhi dalam waktu 3 (tiga) bulan, dan dengan demikian, pada bulan Januari 2013 secara resmi Pengurus Caretaker (Lampiran 2) terbentuk yang bertugas untuk mempersiapkan RAKOM GMKI FT-UNIMED Tahun 2013.
Pada Tanggal 23-24 Maret 2013 bertempat di Ruang Sidang GMKI Cabang Medan, GMKI FT-UNIMED secara resmi melaksanakan Rapat Anggota Komisariat (RAKOM) pertama dan secara langsung GMKI FT-UNIMED mendapat legitimasi (dasar hukum) menjadi salah satu komisariat di GMKI Cabang Medan. Kemudian RAKOM 2013 GMKI FT-UNIMED melahirkan beberapa keputusan penting, diantaranya adalah telah terpilih secara langsung Pengurus Komisariat m.b 2013-2014 (Lampiran 2) dimana saudara BENARDO SINAMBELA dan saudara ALDION EGA TAMPUBOLON masing-masing terpilih sebagai KETUA dan SEKRETARIS.
  
2.       TANGGAL BERDIRINYA GMKI FT-UNIMED
Dengan berlandaskan pada penjelasan diatas dan pelaksanaan RAKOM pertama paska pembentukan kembali GMKI FT-UNIMED  maka telah disepakati bahwa GMKI FT-UNIMED berdiri pada tanggal bertepatan pada hari pertama pelaksanaan RAKOM 2013 yaitu Tanggal 23 Maret 2013.




Lampiran 1
STRUKTUR PENGURUS CARETAKER GMKI FT-UNIMED

Ketua              : BENARDO SINAMBELA
W. Ketua         : RONI A.F. SITINJAK
Sekretaris        : NOVRI C. PARHUSIP
Bendahara       : ALDION EGA TAMPUBOLON

Lampiran 1
STRUKTUR PENGURUS KOMISARIAT GMKI FT-UNIMED M.B 2013-2014

Ketua                          : BENARDO SINAMBELA
Wakil Ketua                : JACOB PRASSAMI M.T. PAKPAHAN
Sekretaris                    : ALDION EGA TAMPUBOLON
Wakil Sekretaris          : APRIDONA MAYESTI HUTAGAOL
Bendahara                   : MICHAEL ANDREAS HUTAPEA
Biro Organisasi dan Komunikasi (ORKOM)           : HOTLAS P. SIHOTANG
Biro Pendidikan Kader                                           : BERNAT F.SIMANUNGKALIT
Biro Kerohanian                                                     : MATHEWS KING GOD

Biro Aksi dan Pelayanan (AKSPEL)                       : SEPTIAN TAMBUNAN




GAMBARAN UMUM PERJALANAN KOMISARIAT
GMKI FT-UNIMED
MASA BAKTI 2013-2014


1.      Arahan Tema dan Subtema

Tema merupakan refleksi teologis terhadap seluruh perjalanan dan aktivitas organisasi, tema menjadi sumber spiritualitas gerakan yang senantiasa menjiwai organisasi dalam menjawab segala permasalahan di tubuh dan lingkungannya. Makna mendasar yang terkandung dalam sebuah tema adalah sebuah komitmen dan tekad untuk mewujudkan nilai yang terkandung di dalamnya, baik melalui kebijakan, strategi dan program-program organisasi. Tema GMKI sesuai dengan Kongres XXXIII di Manado adalah “Jadilah Teladan Dalam Berbuat Baik” (Titus 2:7a).

Subtema merupakan rumusan kerangka operasional dalam pengambilan kebijakan, strategi dan program GMKI ke depan. Subtema dirumuskan melihat panggilan pergumulan kehidupan yang konkrit di lingkungan organisasi, yakni masyarakat, bangsa, dan negara. Subtema memberi kerangka kerja bagi GMKI untuk menghidupi tema dengan lebih terfokus dan menjawab permasalahan. Dan sebagai subtema GMKI: “Menjadi Gerakan Yang Oikumenis, Nasionalis, dan Bertanggungjawab Untuk Mewujudkan Keadilan, Kesejahteraan Dalam Melaksanakan Tugas dan Panggilannya di Indonesia”.

Tema dan subtema ini menyampaikan bahwa adanya perjuangan untuk meningkatkan komitmen pelayanan secara kelembagaan maupun kader. Mengajak kita untuk bertindak dan berbuat sesuatu yang sifatnya mewujudkan kesejahteraan dan perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

2.      Tujuan Dan Arah Program GMKI FT-UNIMED Masa Bakti 2013 -2014

2.1  Tujuan Program Organisasi

Adapun tujuan dari program organisasi GMKI FT-UNIMED periode 2013-2014 yakni :

Peningkatan kualitas kader dengan meningkatkan pemahaman organisasi dan pengoptimalan komunikasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di ketiga medan pelayanan”.

2.2  Arah Program Organisasi

1.    Meningkatkan pemahaman terhadap motivasi dasar dan pemahaman akan nilai- nilai pergerakan sehingga tercipta kader yang memiliki loyalitas yang tinggi.
2.    Melaksanakan kegiatan-kegiatan pemahaman organisasi untuk meningkatkan kapasitas kader.
3.    Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengoptimalan komunikasi antar seluruh anggota GMKI FT-UNIMED.

3.      Strategi Dasar Dan Kebijakan Umum Organisasi GMKI FT-UNIMED Masa Bakti 2013-2014

3.1        Dasar - dasar Penyusunan Strategi Dasar dan Kebijakan Umum Organisasi.

1.      Visi organisasi yang merupakan visi empirik adalah sebagai landasan operasional yang diambil dari tema organisasi Thema: ”JADILAH TELADAN DALAM BERBUAT BAIK” (TITUS 2 : 7 a).
2.      Misi Organsisasi yang dilandasi dari sub tema “Menjadikan Gerakan yang Oikumenis, Nasionalis dan Bertanggungjawab untuk mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan dalam Melaksanakan Tugas dan Panggilan di Indonesia“.
3.      Indentitas Organisasi : Sebagai gerakan kader, gerakan pemikiran , gerakan moral, sekaligus gerakan organisasi persekutuan (Ouikumene) dan sebagai organisasi pelayanan ditingkatan mahasiswa untuk 3 medan pelayanan. GMKI juga berorientasi pada pembianan keimanan, keilmuan serta pengabdian yang mampu menegakan identitasnya sebagai kekristenan, kemahasiswaan dan ke Indonesia secara utuh. Hal ini akan melengkapi GMKI sebagai organisasi Oikumenisme, nasionalisme, persekutuan dan kesaksian serta pelayanan yang senantiasa dinamis, analistis, disiplin, dan kreatif, jujur, tanpa pamrih dan merakyat.
4.      Potensi Organisasi : Meliputi struktural, nasionalisme, ouikumenisme, historis, intelektual, kepemudaan, serta berbagai anggota dan senior.
5.      Posisi strategis : pemahaman yang mendasar tentang eksistensi, visi, misi, identitas, potensi organsisasi di ketiga medan pelayanan sebagai pelayanannya.

3.2        Strategi Dasar Organisasi

Berdasarkan dasar penyusunan strategi dasar, maka GMKI FT-UNIMED harus sepenuhnya sadar bahwa organisasi memiliki visi dan misi organisasi yang jelas, identitas organisasi yang jelas dan berbagai potensi yang dimiliki harus diberdayakan. Adapun Strategi Dasar yang dapat dilakukan oleh Pengurus Komisariat FT-UNIMED adalah sebagai berikut :

1.      Bahwa dalam perencanan program, pengurus komisariat harus mempertimbangkan berdasarkan kebutuhuan dan keadaan komisariat saat ini.
2.      Peningkatan konsolidasi ditingkatan internal komisariat melalui pengoptimalan komunikasi yang efektif.
3.      Peningkatan kualitas kader berdasarkan keimanan, keilmuan, intelektualitas dan nasionalisme.
4.      Berperan aktif di ketiga medan pelayanan dengan memanfaatkan seluruh potensi dan posisi strategis organisasi.
5.      Membina hubungan dan komunikasi yang efektif kepada cabang dan komisariat sejajaran melalui program bersama.

3.3        Kebijakan Umum Organisasi

Adapun yang menjadi Kebijakan Umum Organisasi tahun 2013-2014 adalah :
1.            Setiap kegiatan dan program diupayakan terlaksana sesuai dengan prinsip- prinsip manajemen yaitu mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi baik program maupun keuangan komisariat agar kebutuhan dan sumber daya organisasi dapat diperhitungkan sejak awal serta dapat dipergunakan secara optimal dan terukur demi kepentingan organisasi.
2.            Didalam melaksanakan setiap program atau kegiatan harus memperhatikan skala prioritas program dengan menetapkan prinsip – prinsip efektivitas, efisiensi, kontinuitas dan kebutuhan organisasi dengan tetap memeperhatikan program- program lainnya.
3.            Didalam melaksanakan kegiatan atau program, harus mengoptimalkan seluruh sumber daya organisasi terutama dalam rangka pemberdayaan kader- kader organisasi.
4.            Diupayakan untuk melakukan pembinan seluruh kader baik itu dengan pelatihan yang dilakukan secara mandiri maupun yang bekerjasama dengan pihak-pihak lain diluar komisariat.
5.            Usaha-usaha keuangan hendaknya dilakukan lebih giat lagi dan lebih kreatif agar dapat menunjang setiap program.

4.      Perjalanan Kepengurusan dan Pelaksanaan Program

4.1        Perjalanan Kepengurusan

Pengurus Komisariat GMKI FT-UNIMED Masa Bakti 2013-2014 secara resmi dilantik pada tanggal 06 April 2013 oleh BPC GMKI Cabang Medan. Berdasarkan Surat Keputusan No. 051/SK/BPC-GMKI/MDN/IV/2013. Dengan telah di SK kannya PK GMKI FT-UNIMED Masa Bakti 2013-2014 secara resmi telah sah untuk mengemban amanat RAKOM GMKI FT-UNIMED Tahun 2013. Adapun Pengurus Komisariat yang dilantik berjumlah 9 (sembilan) orang.

Perjalanan komisariat seharusnya diawali dengan pembobotan pengurus komisariat, namun karena komisariat FT-UNIMED baru dibentuk kembali pada  tanggal 23 maret 2013  setelah caretaker kurang lebih selama 8 tahun, maka pembobotan dilakukan sebelum komisariat FT-UNIMED melaksanakan Rakom yang pertama. Jadi pembobotan dilakukan kepada calon-calon pengurus komisariat bukan kepada pengurus komisariat. Adapun pembobotan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1.      Dilaksanakan di ruang 08.01.03 di FT-UNIMED pada bulan februari kira-kira 2 minggu sebelum rakom, adapun pemateri yang membawakan materi struktur dan uraian tugas serta hierarki keputusan di GMKI adalah oleh Sdr. Rikson P. Tampubolon. Dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi. Tujuannya agar para peserta/calon pengurus memahami bagaimana bentuk kepengurusan di komisariat dan bagaimana tingkatan atau hierarki pengambil keputusan di GMKI.
2.      Kemudian pada hari kedua dilaksanakan di ruang 08.01.03 FT-UNIMED, adapun pemateri yang membawakan materi teknik persidangan adalah Sdr. Marthin Silalahi. Dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan simulasi. Tujuannya agar para peserta/calon pengurus memahami bagaimana teknik persidangan dan bagaimana pelaksanaan persidangan.
3.      Dilanjutkan pada hari ke tiga dilaksanakan di ruang 08.01.03 FT-UNIMED, adapun pemateri yang membawakan materi managemen program dan MKI (Mekanisme Kerja Internal) adalah Sdr. James Ambarita. Dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi. Tujuannya agar para peserta paham bagaimana memanajemen program dan proses kerja internal di komisariat.

Secara keseluruhan pembobotan yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali. Selanjutnya setelah pembobotan selesai, GMKI Komisariat FT-UNIMED akhirnya menyelenggarakan Rapat Anggota Komisariat (RAKOM) Tahun 2013 pada tanggal 23 Maret 2013 di Ruang Sidang PKM GMKI Cabang Medan. Kepengurusan yang terpilih secara langsung di RAKOM GMKI FT-UNIMED Tahun 2013 berjumlah 9 (sembilan) orang.

Setelah pelantikan, kemudian PK melaksanakan Sidang Pleno I pada tanggal 09 Mei 2013 di Ruang Sidang PKM GMKI Cabang Medan. Dalam Sidang Pleno I tersebut, PK menetapkan progam PK GMKI Komisariat FT-UNIMED selama satu tahun keperiodean. Perencanaan program dilaksanakan sesuai dengan standart perencanaan program di GMKI yang mencakup : dasar pemikiran, dasar pelaksanaan, tujuan, sasaran, indikator, metode, waktu pelaksanaan, pelaksana, skala prioritas dan taksasi biaya. Segala bentuk program direncanakan dengan berpedoman kepada Arah Strategi Kebijakan Umum Organisasi (ASKUO) yang telah dirumuskan di RAKOM tahun 2013.

Pada bulan November salah satu PK yaitu Sdri. Tirza Monica Hutabarat sebagai Bendahara mengundurkan diri sehingga terjadi kekosongan posisi bendahara, untuk mengisi kekosongan posisi bendahara tersebut terlebih dahulu PK melakukan pemberitahuan kepada anggota, setelah kurang lebih 2 bulan mengalami kekosongan bendahara komisariat, maka PK mengadakan Sidang Pleno II yang beragendakan Pergantian Antar Waktu (PAW) pada tanggal 12 Februari 2014 di Ruang Sidang PKM GMKI Cabang Medan yang menghasilkan keputusan pengangkatan saudara Michael Hutapea sebagai bendahara menggantikan saudari Tirza Monica Hutabarat.

Kemudian pada akhir keperiodean ini, pada hari Jumat-Sabtu (25-26 April 2014) PK GMKI FT-UNIMED telah melaksanakan Sidang Pleno III dengan agenda Persiapan Rapat Anggota Komisariat Tahun 2014.

4.2        Gambaran Umum Pelaksanaan Program
               
Inti kebijakan program dalam kepriodean ini adalah “Peningkatan kualitas kader dengan meningkatkan pemahaman organisasi dan pengoptimalan komunikasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di ketiga medan pelayanan”. Adapun program untuk merealisasikan inti kebijakan tersebut dalam bidang organisasi dan komunikasi adalah : Acara kebersamaan,  pendataan anggota, pengoptimalan jejaring sosial, sosialisasi AD/ART, PO, SC. Di bidang pendidikan kader adalah : Kuliah umum, diskusi tematis, teknik persidangan, pemahaman TOEFL.

Berikut ini disampaikan gambaran secara umum tentang pelaksanaan program berdasarkan bidang – bidangnya.

1.      Bidang Organisasi dan Komunikasi
Adapun program tersebut adalah sebagai berikut : Acara kebersamaan, pendataan anggota, pengoptimalan jejaring sosial, sosialisasi AD/ART, PO, SC. Adapun program-program ini sudah terlaksana dengan cukup baik. Walaupun beberapa program tidak memenuhi indikator jumlah peserta.

2.      Bidang Pendidikan Kader
Adapun program tersebut adalah sebagai berikut : Kuliah umum, diskusi tematis, teknik persidangan, pemahaman TOEFL. Adapun program-program ini sudah terlaksana dengan cukup baik. Walaupun beberapa program tidak memenuhi indikator jumlah peserta.

3.      Bidang Kerohanian
Adapun program tersebut adalah sebagai berikut : Kebaktian, retret, penelaahan alkitab. Program kebaktian dan PA pelaksanaannya tidak sesuai dengan waktu pelaksanaan sehingga hanya dilakukan dengan frekuensi pelaksanaan yang sedikit. Ketika  dilaksanakan program kebaktian dan PA  berjalan dengan cukup baik, walaupun dengan frekuensi pelaksanaan yang tidak sesuai/sedikit. Program retret tidak terlaksana.

4.      Bidang Aksi dan Pelayanan
Pada bidang aksi dan pelayanan hanya satu program yang terlaksana yaitu seminar politk. Program ini terlaksana dengan cukup baik, namun terkendala karena kesalahpahaman dengan BPC, serta sertifikat yang belum ditanda tangani. Program yang tidak terlaksana : Kunjungan ke panti asuhan, bakti sosial, kunjungan gereja.

5.      Penutup
                 
Menjelang akhir kepriodean ini, PK GMKI FT-UNIMED melaksanakan sidang Pleno III pada hari jumat dan sabtu (25 dan 26 april 2014) di PKM GMKI Cab. Medan.
Dengan memaparkan gambaran umum perjalanan kepengurusan dan pelaksanaan program ini, maka kita dapat melihat keberhasilan yang telah dicapai PK atas kinerja selama satu tahun. Kami menyadari masih banyak kekurangan pelayanan ini, untuk itu kami menyampaikan mohon maaf kepada seluruh civitas GMKI khususnya GMKI Komisariat FT-UNIMED.
Demikian gambaran umum perjalanan kepengurusan dan pelaksanaan program GMKI Komisariat FT-UNIMED masa bakti 2013-2014. Kiranya Yesus Kristus sang kepala gerakan memberkati kita semua dan menyertai kita dalam melanjutkan pergerakan dan pelayanan ini dimasa yang akan datang.
Akhir kata Tinggilah Iman Kita, Tinggilah Ilmu kita, dan Tinggilah Pengabdian kita.
Ut Omnes Unum Sint
Shaloom



3.  RAPAT ANGGOTA KOMISARIAT (RAKOM) GMKI FT-UNIMED 2014

          Adapun Rapat Angota Komisariat (GMKI) Fakultas Teknik Universiatas Negeri Medan tahun 2014 diselenggarakan pada hari Jumat - Minggu tanggal 09 - 11 April 2014 bertempat di Gedung Pertemuan Kesusteran Santa Anna Medan.
            Beberapa keputusan penting diambil dalam forum tertinggi di komisariat GMKI FT-UNIMED salah satunya adalah struktur Pengurus Komisariat GMKI FT-UNIMED masa bakti 2014-2015 sebagai berikut :
STRUKTUR PENGURUS KOMISARIAT GMKI FT-UNIMED M.B 2014-2015

KETUA                     : JACOB PRASSAMI M.T. PAKPAHAN
Wakil Ketua                : JUNI RIKARDO SIAHAAN

SEKRETARIS           : HOLONG GANDA PUTRA SARAGIH

Wakil Sekretaris Bid. ORKOM        : BERNATA MANALU
Wakil Sekretaris Bid. PKK               : JOHN BUDIART SIRAIT
Wakil Sekretaris Bid. AKSPEL         : JADI AMAN SOLIN

BENDAHARA               : RIHAT SIMANJUNTAK
Wakil Bendahara               : VERA YANTI SILABAN

Biro Organisasi dan Komunikasi (ORKOM)           : SAHAT AMBARITA
Biro Pendidikan Kader & Kerohanian (PKK)         : JOEL SIALLAGAN

Biro Aksi dan Pelayanan (AKSPEL)                       : HALOMOAN SIREGAR


Sumber : http://benardosinambela.blogspot.com/2013/08/sejarah-gmki-komisariat-fakultas-teknik.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar