Seorang leader atau seorang pemimpin
adalah seseorang yang mampu menganalisa setiap peristiwa dengan cepat, mampu
melihatnya dari berbagai sisi, mampu melihat kemampuan anak buahnya dan cara
mengembangkannya dengan tepat serta harus bisa memotivasi anak buahnya untuk bekerja dengan efektif dan
efisien.
Banyak kualitas yang harus dimiliki oleh
seorang leader dan walaupun sebagian orang terlahir dengan kemampuan itu, tidak
berarti bahwa kemampuan tersebut tidak bisa dilatih.
Banyaknya pelatihan yang berbicara
mengenai cara mengasah dan meningkatkan kempampuan leadership seseroang adalah
bukti bahwa kemampuan tersebut memang bisa dilatih. Kemampuan leadership itu
sendiri meliputi banyak hal dan setiap pelatihan akan mengasah satu atau
beberapa kemampuan tersebut.
Sebelum mengikuti sebuah pelatihan,
seorang leader harus menentukan apa hal yang ingin disasar.
Setelah itu barulah dirinya bisa mengikuti
pelatihan tersebut dan mengharapkan hasil yang maksimal. Kecocokan antara
kebutuhan yang dimiliki dengan jenis pelatihan yang ada akan menghasilkan
manfaat yang jauh lebih maksimal.
Ada banyak jenis pelatihan untuk
meningkatkan kualitas kepemimpinan seseorang dan temanya itu sendiri bisa
berbeda-beda antara satu pelatihan dengan yang lain.
Berikut ini adalah beberapa tema dan
materi pelatihan yang sering diangkat untuk mengasah kapasitas dan kualitas
seorang pemimpin:
• Mengenal dan memahami sifat-sifat
seorang leader
• Teori-teori tentang leadership
• Leadership dan team work
• Teori-teori tentang leadership
• Leadership dan team work
• Memahami hal-hal yang bisa membentuk kerjasama tim yang
sukses
• Pengelolaan tim yang berkomitmen
• Memahami karakter masing-masing anggota tim
• Cara memotivasi anggota tim, dan masih banyak lagi
• Pengelolaan tim yang berkomitmen
• Memahami karakter masing-masing anggota tim
• Cara memotivasi anggota tim, dan masih banyak lagi
Tema dalam sebuah pelatihan adalah jiwa
dari pealtihan itu sendiri sehingga sang penyelenggara akan membuat dan
merancang pelatihan itu sedemikian rupa sehingga tujuan yang didam-idamkan baik
oleh penyelenggara dan pesera pelatihan tersebut akan tercapai.
Metode dalam penyelenggaraan pelatihan itu
sendiri juga akan berpengaruh dalam kesuksesan pelatihan itu sendiri. sebuah
pelatihan yang sukses akan mampu membuat para peserta mendapatakan pengetahuan
dan ketrampilan baru yang bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan nyata.
Ada beberapa metode pelatihan yang sering
diterapkan dan hal ini diterapkan sesuai dengan materi ayng hendak disampaikan
itu sendiri. Contohnya:
• Metode pengajaran dengan slide show
• Studi kasus, dimana peserta pelatihan
diajak manganalisa menganalisa mengenai sebuah kasus mulai dari mencari tahu
apa yang sebenarnya terjadi, penyebab, cara mengatasi masalah dan hal-hal lain
yang berkaitan dengan kasus tersebut
• Role play, dimana para peserta akan
diajak untuk memainkan peran sebagai seorang leader yang dihadapkan pada
situasi tertentu dan akan dilihat bagaimana cara peserta tersebut menghadapai
situasi tersebut
• Action plan adalah salah satu metode
dimana para peserta diajak membuat sebuah rencana kerja dan mengaplikasikannya
langusng dalam tempat mereka bekerja. Jenis metode ini lebih cocok bila
digunakan untuk pelatihna berkelanjutan dimana bisa dilakukan evaluasi dari
action plan tersebut setelah berjalan beberapa waktu
Sebuah organisasi atau sebuah perusahaa
hendaknya mengagendakan pelatihan seperti ini secara berkala dalam organisasi
mereka. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengasah kemampuan leadership yang
sangat dibutuhkan oleh para karyawan atau anggota tim mereka.
Hal ini berada dibawah manajemen dari
bidang SDM atau sumber daya manusia yang bergerak bukna hanya
dalam bidang perekrutan tapi juga dalam bidang pemanfaatan da peningkatan
kualitas sumber daya yang sudah dimiliki dan melaksakan atau mengikuti
pelatihan adalah salah satu cara diantaranya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar