KULIAH BUKAN UNTUK MENCARI IJAZAH..TAPI, UNTUK BELAJAR

"Seribu Orang Tua Hanya Bisa Bermimpi. Tetapi seorang Pemuda Bisa Mengubah Dunia"

"Saat Kita Punya Sedikit saja rasa peduli akan SEKITAR. Disitu Kita telah Memperbaiki Kualitas Pendidikan Negara Kita"

(bernata manalu)

Rabu, 22 April 2015

MENGASAH KEPEMIMPINAN-Himpunan Mahasiswa Pakkat

Seorang leader atau seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu menganalisa setiap peristiwa dengan cepat, mampu melihatnya dari berbagai sisi, mampu melihat kemampuan anak buahnya dan cara mengembangkannya dengan tepat serta harus bisa memotivasi anak buahnya untuk bekerja dengan efektif dan efisien.
Banyak kualitas yang harus dimiliki oleh seorang leader dan walaupun sebagian orang terlahir dengan kemampuan itu, tidak berarti bahwa kemampuan tersebut tidak bisa dilatih.
Banyaknya pelatihan yang berbicara mengenai cara mengasah dan meningkatkan kempampuan leadership seseroang adalah bukti bahwa kemampuan tersebut memang bisa dilatih. Kemampuan leadership itu sendiri meliputi banyak hal dan setiap pelatihan akan mengasah satu atau beberapa kemampuan tersebut.
Sebelum mengikuti sebuah pelatihan, seorang leader harus menentukan apa hal yang ingin disasar.
Setelah itu barulah dirinya bisa mengikuti pelatihan tersebut dan mengharapkan hasil yang maksimal. Kecocokan antara kebutuhan yang dimiliki dengan jenis pelatihan yang ada akan menghasilkan manfaat yang jauh lebih maksimal.
Ada banyak jenis pelatihan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan seseorang dan temanya itu sendiri bisa berbeda-beda antara satu pelatihan dengan yang lain.
Berikut ini adalah beberapa tema dan materi pelatihan yang sering diangkat untuk mengasah kapasitas dan kualitas seorang pemimpin:
• Mengenal dan memahami sifat-sifat seorang leader
• Teori-teori tentang leadership
• Leadership dan team work
• Memahami hal-hal yang bisa membentuk kerjasama tim yang sukses
• Pengelolaan tim yang berkomitmen
• Memahami karakter masing-masing anggota tim
• Cara memotivasi anggota tim, dan masih banyak lagi

Tema dalam sebuah pelatihan adalah jiwa dari pealtihan itu sendiri sehingga sang penyelenggara akan membuat dan merancang pelatihan itu sedemikian rupa sehingga tujuan yang didam-idamkan baik oleh penyelenggara dan pesera pelatihan tersebut akan tercapai.
Metode dalam penyelenggaraan pelatihan itu sendiri juga akan berpengaruh dalam kesuksesan pelatihan itu sendiri. sebuah pelatihan yang sukses akan mampu membuat para peserta mendapatakan pengetahuan dan ketrampilan baru yang bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan nyata.
Ada beberapa metode pelatihan yang sering diterapkan dan hal ini diterapkan sesuai dengan materi ayng hendak disampaikan itu sendiri. Contohnya:
• Metode pengajaran dengan slide show
• Studi kasus, dimana peserta pelatihan diajak manganalisa menganalisa mengenai sebuah kasus mulai dari mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, penyebab, cara mengatasi masalah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kasus tersebut
• Role play, dimana para peserta akan diajak untuk memainkan peran sebagai seorang leader yang dihadapkan pada situasi tertentu dan akan dilihat bagaimana cara peserta tersebut menghadapai situasi tersebut
• Action plan adalah salah satu metode dimana para peserta diajak membuat sebuah rencana kerja dan mengaplikasikannya langusng dalam tempat mereka bekerja. Jenis metode ini lebih cocok bila digunakan untuk pelatihna berkelanjutan dimana bisa dilakukan evaluasi dari action plan tersebut setelah berjalan beberapa waktu
Sebuah organisasi atau sebuah perusahaa hendaknya mengagendakan pelatihan seperti ini secara berkala dalam organisasi mereka. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengasah kemampuan leadership yang sangat dibutuhkan oleh para karyawan atau anggota tim mereka.
Hal ini berada dibawah manajemen dari bidang SDM atau sumber daya manusia yang bergerak bukna hanya dalam bidang perekrutan tapi juga dalam bidang pemanfaatan da peningkatan kualitas sumber daya yang sudah dimiliki dan melaksakan atau mengikuti pelatihan adalah salah satu cara diantaranya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar