KULIAH BUKAN UNTUK MENCARI IJAZAH..TAPI, UNTUK BELAJAR

"Seribu Orang Tua Hanya Bisa Bermimpi. Tetapi seorang Pemuda Bisa Mengubah Dunia"

"Saat Kita Punya Sedikit saja rasa peduli akan SEKITAR. Disitu Kita telah Memperbaiki Kualitas Pendidikan Negara Kita"

(bernata manalu)

Jumat, 20 Februari 2015

POTENSI WISATA BUDAYA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

POTENSI WISATA BUDAYA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN 






Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan adalah :

1. Istana Raja Sisingamangaraja

Terletak di Desa Simamora Dusun Lumbanraja Kec. Baktiraja dengan Objek Wisata berupa komplek Istana Raja Sisinga-mangaraja berada tepat di sisi jalan lintas kecamatan. Jarak dari Doloksanggul sekitar 16 Km. Dan menurut cerita salah satu penjaga kompleks ini, yang seperti sumur ditutup beton adalah makam Raja Sisingamangaraja X. Yang dikuburkan di sini hanya kepalanya saja, sementara badannya konon terkubur bukit di tempat lain saat beliau gugur dalam perang melawan Tuanku Rao. Makam anaknya, Sisingamangaraja XI merupakan sebuah cungkup tertutup, dengan bagian depannya dihiasi bendera kerajaan berwarna merah dengan dua pedang dan bulan-bintang.


2. Goa Pertenunan Ibunda Raja SM. XII & Tombak Sulu - Sulu

Terletak di Desa Marbun Dolok Kec. Baktiraja dengan Objek Wisata Alam dan Budaya berupa Hutan, Goa dan Sungai. Menurut sejarah, Goa ini merupakan tempat Ibunda Raja Sisingamangaraja bertenun yang pada saat itu suaminya sedang merantau. Goa ini satu kawasan dengan Tombak Sulu-sulu yang merupakan hutan tempat bermain Raja Sisingamangaraja waktu kecil. Pada saat Raja Sisingamangaraja bergantung pada pohon dengan posisi terbalik, maka semua pohon disekitar lokasi itu juga ikut terbalik. Sampai saat ini tempat ini sering dikunjungi orang untuk berziarah dan melakukan ritual lainnya.

3. Markas Raja Sisingamangaraja XII

Lokasi ini terdapat di Kec. Parlilitan, jarak dari Doloksanggul sekitar 42 Km dengan kondisi jalan aspal yang baik.


4. Makam Putri Raja Sisingamangaraja-XII

Lokasi wisata yang terletak di Desa Sion Utara dengan obyek wisata sejarah berupa Kuburan Putri Raja Sisingamangaraja, putrinya : Putri Lopian dan Seorang Panglimanya. Lokasi ini juga diyakini oleh masyarakat setempat dimana Putri Lopian meninggal di tembak. Di depan makam ini terdapat juga makam Panglima-Panglima terdekat Sisingamangaraja-XII. Jarak dari kota Doloksanggul sekitar 42 Km, dengan waktu pencapaian ke obyek wisata sekitar 1 jam dan dapat ditempuh dengan jalan aspal kemudian berjalan kaki mengikuti jalan setapak. Sarana dan prasarana masih berupa warung dan kedai nasi.


5. Aek Sitio-tio

Lokasi wisata yang terletak di Desa Siunong-unong julu dengan obyek wisata alam dan budaya berupa Mata Air Jernih yang tidak pernah keruh yang dapat dipergunakan untuk pemandian umum. 


6. Makam 37 Panglima Raja Sisingamangaraja XII di Desa Tarabintang


Uno Corde Propositum Uno Scopum
Pro HMAPA Et Sociatatis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar